Sabtu, 26 Maret 2016

Prompt #12: A word that actually describes your life, and a word you wish described your life

Biasanya selalu ada dua hal yang berlawanan di dunia ini. Ada siang, ada pula malam. Ada cinta, ada pula benci. Ada malas, dan ada pula rajin. Pun sama halnya dengan tema prompt kali ini, ada yang telah terjadi dan ada yang kau harapkan.


Ketika mendefinisikan sesuatu atau seseorang, agaknya tidak cukup jika hanya dalam satu kata. Jika memang harus satu kata, maka bisa dipastikan kata tersebut mewakili sebagian besar tentang dirinya. Ini bagian yang menarik, karena bagian besar tersebut akan bisa dengan mudah dikelompokkan ke dalam hal yang positif atau hal yang negatif. Dan tentunya penilaian tersebut sangat subjektif. Seorang boleh jadi akan memberikan satu kata penilaian yang bernada negatif terhadap lawannya, dan begitupula sebaliknya (misalnya antara seorang sahabat dengan sahabat kesayangannya).

Lalu bagaimana dengan diri sendiri? Saat ini aku diminta untuk melihat ke diriku sendiri. Dan sesuai kebutuhan prompt ini (agar aku bisa menjawab keduanya sekaligus, hehe), aku akan menjawabnya dengan satu kata yang tidak baik, bernilai negatif. Satu kata yang menjelaskan tentang hidupku itu adalah unsteady.

Aku merasakan hidupku belum tenang. Oh okay, hear me say first. Aku merasa belum stabil dalam beberapa hal diantaranya dalam hal ekonomi, dan disiplin. Aku hingga saat ini masih belum bisa membiayai hidupku sendiri. Untuk beberapa hal kecil memang bisa kutangani, namun kebutuhan primerku seperti makanan, pakaian, dan tempat berteduh, masih bergantung kepada orang tua. Sebagian diriku berpikir, seharusnya aku berusaha lebih baik lagi sehingga setidaknya mampu mencukupi diri sendiri.

Berikutnya tentang disiplin. Dipostingan sebelumnya sudah dipaparkan mengenai sifat menundaku yang seringnya keterlaluan. Aku menumpuk (terutama) ide-ide di kepala dimana akhirnya, setiap malam sebelum bisa tertidur lelap, kumpulan ide tersebut muncul beramai-ramai untuk berdemo. Mereka berkumpul dan melancarkan protesnya dari balik benakku. Masing-masing dari mereka seolah menuntut untuk minta kebebasan, minta dikeluarkan dan diekspresikan dalam bentuk yang berbeda namun lebih nyata. Ok, ok, para ide, aku akan berusaha sedapat mungkin me-manage disiplin di dalam diri ini. Aku mempersiapkan jadwal yang (semoga) teratur dan siap digunakan April nanti. Aku akan sebisa mungkin tidak akan menjadi penunda lagi, huft.

Kembali lagi ke tema prompt, aku sudah menyebutkan kata yang menggambarkan hidupku saat ini. Dan tentunya, jika mengharapkan kata apa yang ingin kugunakan untuk menggambarkan hidupku, adalah kata yang sebaliknya: steady. Kembali lagi ke awal tentang segala sesuatu diciptakan secara berpasangan? Oleh karena itu, jawaban dari keluhanku ini adalah keadaan yang berkebalikan dengan keluhanku. Dan harapan hanyalah harapan jika tidak diwujudkan. Harapan bernama steady tersebut boleh jadi akan ikut berdemo di benakku jika aku tidak juga berubah, oh no!

Umm… sepertinya tidak banyak yang bisa kuceritakan tentang kata tersebut. Jika aku memaparkan secara detil tentang rencana dan usaha yang telah dan akan kulakukan, itu bukan hal yang kusukai. I need to hold them back. Biarkan hasil yang baik yang berbicara, haha. Aku merasa sesumbar cuma akan membuat keadaan lebih parah. Ya, mudah-mudahan usaha-usaha tersebut membuahkan hasil seperti yang kumau. Dan Allah yang Maha Tahu. Aamiin. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari di sini