Selasa, 09 Februari 2016

Prompt #3: Small things that make you happy

 
Dulu, sewaktu masih alay dan lebih muda dari usia sekarang, haha, aku pernah membuat tulisan tentang kebahagiaan. Aku saat itu bertanya, apa sih kebahagiaan itu? apasih kebahagiaan sejati itu? Bukannya nyari artinya di KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), aku malah sok-sokan ngebuat definisi sendiri. Maksudnya sekalian curhat juga, sih. Silakan klik di sini kalau mau intip tulisanku tersebut, hehe.

But, balik ke tema, kebahagiaan itu memang relatif. Apa yang membuat kita bahagia belum tentu bisa membuat orang lain bahagia. Begitu pula sebaliknya. Ketika diumur tersebut aku mencari jawaban tentang kebahagiaan, aku yang sekarang lebih measosiasikannya ke hal lain yaitu: Kedamaian. Ya, secara simple kebahagiaan adalah sesuatu akibat yang ditimbulkan dari suatu hal lainnya. Kebahagiaan adalah sebuah perasaan yang membuat, tidak hanya wajah, namun hati kita tersenyum. Kebahagiaan adalah sesuatu yang mendamaikan. Ya, kedamaian, perasaan tenang, merasa bahagia, boleh jadi itulah impian banyak orang.

Lalu hal-hal apa saja yang bisa membuatku bahagia? Hmm, untuk di prompt ini adalah hal-hal kecil, kan? Lemme think! Baiklah, berikut hal kecil yang bisa membuatku bahagia. Mungkin aka nada yang terlewat. Mungkin karena aku tidak menggali terlalu dalam. Namun mungkin ini bisa menginspirasi. Semoga.

#1 Berkaitan dengan buku
Ya, otakku lagi dipenuhi dengan buku. Dan aku merasa bahagia saat mendapat buku baru, menjelajah tumpukan buku obral, menang kuis berhadiah buku, berhasil menyelesaikan target membaca buku, berhasil membuat review yang bagus di blog bukuku (BukuLova), dan review-ku tersebut dibaca dan berguna secara positif bagi orang lain. Jangankan itu, sesimpel membuka segel buku baru dan menghirup wanginya saat emmbaca buku tersebut juga hal yang aku sukai. Hal-hal tersebut membuat aku bahagia dan bagian review buku tersebut juga membuat aku merasa berguna.

#2 Trafik blog naik dan ada yang komen
Haha, iya, ini mungkin remeh. Kita punya tujuan sendiri-sendiri mengapa menulis dan membuat blog. Tujuan utamaku adalah menyalurkan hobi dan berekspresi. Namun, aku juga gak akan berbohong saat melihat trafik naik, banyak yang membaca apa yang kutulis dan lalu jika ada yang komen sesuai konteks tulisanku itu. Hadeh, senangnya! :D

#3 Latte, keju, dan sedikit cokelat
Yap, segelas Latte Caramello atau Latte lainnya tapi bukan Latte tanpa gula sudah bisa bikin aku merasa happy. Terus kalau ada panganan keju terutama yang memang ada kejunya, bukan makanan ringan semacam wafer atau chiki. Selain kedua hal itu, sedikit cokelat juga bisa membuat aku happy. Donat J.Co rasa cokelat atau pun Freeze Bubble rasa royal chocolate atau sesimpel milo dingin, bisa buat aku seneng. Aku lebih prefer ke dark chocolate, sih. Entah mengapa, hanya terasa lebih fix di lidahku.

#4 Habis work out
Iya, aku tahu, baru tahun inilah aku mencoba untuk rutin olahraga. Aku sempat pusing memilih olahraga apa yang asik buat dilakukan secara rutin. Aku pernah mencoba Yoga, tapi malah bingung sendiri sama gerakannya. Lalu kuganti jadi work out standar ala ala Fit Girl, gitu. Eh, malah jari kaki ku terkilir. Sakiit…gak bisa aku terusin. Dan akhirnya aku milih senam atau aerobic. Ez yang men-download-kan videonya videonya. Duh, ini awalnya ribet karena aku bukan anak motorik. Maksudnya aku tidak lincah dan sulit meniru gerakan orang lain. Tapi aku terus coba aja. Lama-lama terbiasa. Dan jadilah aku rutin aerobic. Biasa pagi, kalau tidak sempat sore. Cuma sekitar 30 menitan dan meski keringetan, badan jadi bau plus lengket, tapi tidak masalah. Aku suka dan aku merasa enakan sehabis olahraga. Badan terasa ringan. Muahmudahan tidak salah gerakan aerobic yang aku lakuin itu.

#5 Menulis dengan tangan dan mewarnai
Aku bisa menjadi begitu rempong alias mendetail. Aku suka menuliskan list atau daftar tertentu dari beberapa hal. Setiap tahun, aku selalu punya buku note kecil atau tahun ini binder dan sebuah pena. Aku suka menuliskan rencana, poin-poin yang akan dibahas di review buku, dan bisa juga alokasi dana alias catatan keuanganku. Haha, aku suka menulisnya dengan tangan. Jadi aku perlu kertas dan pena. Ada rasa rileks ketika menulis dengan tangan tersebut. Ya, abaikan saja jika tulisanku tidak bagus-bagus amat. Malah kadang susah dibaca. Aku hanya menikmati efek psikologis dari hal tersebut. Begitu pula dengan mewarnai. Kegiatan tersebut bukan cuma milik anak kecil. Bahkan sekarang sudah terbit buku mewarnai khusus untuk adult. Ya, kedua hal itu masuk ke list hal-hal kecil yang bikin aku senang.

#6 Memandangi air hujan dan langit malam
Siapa yang suka hujan? Saat ini aku sudah berdamai dengan hujan dan aku menyukainya. Ada rasa damai saat melihat hujan tercurah dari langit. Dan seperti puisi yang dulu pernah kubaca sewaktu SD, hujan adalah rahmat Tuhan. Maka tidak heran banyak yang suka dengan hal ini. Dan hujan di waktu yang tepat adalah salah satu berkah yang tak terhingga *tarik selimut* hahaha. Selain hujan, langit malam adalah hal yang kusukai. Maksudku memandangi langit, bintang-bintang, bulan, dan objek lainnya yang melintas di ketinggian sana. Aku ingin pergi suatu kali nanti ke padang yang luas. Atau hanya duduk di tepi pantai. Saat tidak banyak lampu-lampu yang menerangi, hanya benda langit yang bercahaya. Apalagi bisa berada di bawah aurora yang menari-nari. Hmm, ceritanya mau simple tapi jadi rumit, ya. Haha, pokoknya begitulah kira-kira. :D

Ya, mungkin list yang kubuat tersebut tidak mencengangkan atau kurang menggali inti prompt ini sesungguhnya. Aku rasa ada banyak hal yang lebih simple lagi yang bisa membuat aku merasa bahagia. Mungkin suatu kali, akan kubuat yang lebih mendalam. Dan biasanya yang lebih mendalam itu lebih simple. Hey, bagaimana denganmu? Semoga kita semua mendapatkan kebahgiaan dari hidup ini, ya. :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari di sini